Rabu, 27 Maret 2013

Kuliah Gratis dengan Beasiswa

Assalmualaikum wr wrb

Bersiap untuk Ujian Nasional (UN) bukan berarti kita hanya fokus pada materi ujian saja loh.. karena ada peluang beasiswa yang akan terlewatkan jika tidak aktif update informasi. Apa saja sih peluang yang bisa didapatkan pelajar untuk kuliah gratis? Bagaimana triknya agar bisa sukses mengahadapi UN dan mempersiapkan bekal kuliah. Nah, buat teman-teman yang sedang mempersiapkan diri untuk itu semua, berikut ini adalah beberapa tips untuk kalian.
Pertama, aktif bertanya kepada guru, kakak-kakak mahasiswa, mencari informasi di internet dan surat kabar. Aktif bertanya adalah hal wajib bagi pelajar yang bersiap untuk kuliah. Dengan keaktifan itu, berarti kita mempromosikan diri kepada orang banyak bahwa kita memiliki antusias dan semangat yang patut untuk didukung dan diberi bantuan. Aktif bertanya juga melatih kita untuk berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki informasi mengenai keingintahuan kita. Tentunya, harus pada orang yang tepat dan proporsional. kemudian, perlu pula bersilaturahmi ke kakak kelas yang sedang kuliah. kita tidak usah minder atau ragu untuk meminta bantuan mereka untuk sekedar memberikan informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru dan informasi beasiswa di Perguruan Tinggi tempat ia kuliah. Informasi mengenai alamat atau nomor HP kakak kelas tersebut bisa diperoleh dari guru, ikatan alumni atau mendatangi rumah orang tuanya. Hubungan dengan kaka tingkat ini penting juga loh, karena kita bisa minta bantuan mereka untuk membimbing sekiranya nanti kita diterima di kampus yang sama atau berdekatan. Selain bertanya, kita juga perlu searching di internet dengan kata kunci yang tepat. Perlu diperhatikan oleh teman-teman bahwa tidak semua beasiswa dapat diakses informasinya di internet. Ada beasiswa khusus untuk mahasiswa (bukan calon mahasiswa) ada beasiswa untuk calon mahasiswa (misalnya Bidik Misi). Penting juga mencari tahu jenis beasiswa yang ada di setiap perguruan tinggi. Jadi bisa buat pertimbangan untuk memilih perguruan tinggi yang memiliki banyak peluang beasiswa. 
Google image

Kedua, persiapkanlah tabungan anda. Hal ini penting sekali, karena interval waktu pencairan dana beasiswa itu bervariasi. Ada yang cepat mungkin ada yang tersendat. Terlebih lagi mahasiswa baru memerlukan biaya administrasi dan akomodasi selama proses daftar ulang. 

Ketiga, cari tahu badan atau organisasi yang biasanya memberikan dana beasiswa dan cari tahu prosedur beasiswa dan penerimaan mahasiswa baru. Karena biasanya proses seleksi beasiswa dan penerimaan mahasiswa baru disinergiskan bersama. 
Wassalam mualaikum, semoga bermanfaat.

Beberapa link terkait pendidikan dan Beasiswa : 
Beasiswa PPA dan BBM Universitas Bengkulu 

Tidak ada komentar:

Member

Jadi Member